02 Sep 2015 06:33:21 AM

Posdaya Karya Mandiri
Gambar

Kampung Bersih, Kampung Cerdas dan Kampung Sehat Adalah Program dari Kelompok 2 Posdaya Karya Mandiri

Dalam kegiatan saresehan yang telah dilakukan oleh kelompok 2 (Posdaya Karya Mandiri) pada tanggal 23 Agustus 2015, didapat beberapa program yang telah disepakati oleh semua pihak. Berikut adalah program-program Posdaya dari kelompok 2:
 

A. Kampung Bersih
Program kampung bersih ini digagas untuk membuat kampung-kampung di wilayah kerja kelompok 2 posdaya UMMI menjadi bersih dan nyaman, karena untuk waktu sebelum peserta KKN datang, keadaan lingkungan di RW 02 desa Karangjaya Kabupaten Sukabumi masih dalam keadaan kurang bersih. Untuk membuat kampung bersih ini dilakukan beberapa macam usaha, seperti pembuatan bak sampah untuk di pinggir jalan dan tempat-tempat tertentu, pembagian karung ke setiap rumah untuk menampung sampah yg bisa dijual, serta membuat lubang pembungsn sampah di hsmpir setiap rumah. Diharapkan dengan pembuatan yang telah disebutkan diatas tadi bisa membuat kampung di wilayah kerja kelompok 2 Posdaya UMMI bisa menjadi wilayah yg bersih dari sampah.
Setelah program kampung bersih ini berhasil, maka rencananya akan dibentuk Bank Sampah.


B. Kampung Cerdas
Untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat, diperlukan berbagai macam program pembenahan dibidang pendidikan. Di klompok 2 sendiri yaitu lewat Posdaya Karya Mandiri Bidang Pendidikan telah dibuat berbagai macam program, diantaranya adalah program pembinaan anak usia dini di PAUD Terate 1 yang berada di Kampung Bojongsari Desa Gegerbitung Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Selain itu juga diadakannya taman baca untuk segala usia di daerah ke-RT-an 05 RW 02 Desa Karangjaya.

 

C. Kampung Sehat

Untuk kampung sehat ini hampir mirip dengan kampung bersih, karena masyarakat diajak untuk menjalani hidup sehat mulai dari diri, rumah dan lingkungan. Selain itu juga lewat Posdaya Karya Mandiri bidang Kesehatan terus bekerjasama dengan kader Posyandu dan Bidan disana untuk terus meningkatkan kedasaran masyarakat disana untuk hidup sehat.

 



0 Komentar


Kirim Komentar

Perilaku sopan Anda akan menginspirasi orang lain untuk berperilaku sopan, dan mereka akan mengispirasi teman-temannya untuk menjadi sopan. Mari berkomentar dengan sopan !

 


Berita Terpopuler

Label Berita

Jumlah Posdaya

Th. 2015 18